Saturday, April 27, 2013

Tips Merancang Menu Diet Sehat Seminggu


Jika anda ingin menurunkan berat badan padahal tidak pernah melakukan pola makan sehat sebelumnya, mengubah pola makan secara drastis bisa jadi merepotkan, baik untuk alasan pribadi maupun alasan praktis seperti mengubah kebiasaan berbelanja. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mulai merencanakan menu diet sehat seminggu alih-alih langsung sebulan atau dua bulan. Cara ini mungkin tidak akan langsung membuat anda kehilangan berat badan secara drastis (apalagi jika anda sudah mengalami obesitas), namun merencanakan menu diet sehat untuk seminggu penuh akan membantu anda dalam mengubah pola makan menjadi lebih sehat serta membiasakan diri untuk akhirnya meneruskan pola makan tersebut untuk seterusnya.

Menu diet sehat adalah cara diet efektif, yang memiliki beberapa prinsip agar jenis makanan yang anda pilih tidak salah dan akibatnya malah membuat anda bertambah gemuk. Apapun jenis makanan yang tersedia di area anda, tetap ada jalan untuk memodifikasi menu harian dengan bahan-bahan makanan tersebut agar anda bisa menyusun menu makan sehat.
Berikut adalah tips untuk menyusun menu diet sehat selama seminggu:
  1. 1. Untuk sarapan, buatlah menu yang rendah kalori namun mengandung karbohidrat kompleks, serat dan sedikit protein. Pilihlah produk sumber pati kompleks seperti roti, muesli, bubur gandum yang ditambah potongan buah atau pasta gandum utuh, plus buah segar atau yang dibuat menjadi jus dan sumber protein seperti telur dadar, tempe bakar atau yogurt dengan kacang. Susu kedelai atau teh hijau bisa menjadi pilihan minuman, selain air putih yang selalu aman diminum kapan saja.
  2. 2. Untuk makan siang, buatlah menu rendah kalori dengan karbohidrat yang lebih sedikit dari protein, dan seporsi besar serat serta sumber vitamin dan mineral. Anda tidak harus selalu memakan sayur dalam bentuk salad dan buah dalam bentuk segar, tetapi anda bisa kreasikan; misalnya, anda bisa membuat sup, menumis bermacam sayuran dengan sedikit minyak dan membuat jus buah sendiri. Untuk makanan lainnya seperti lauk ikan atau ayam, usahakan mengolahnya dengan sesedikit mungkin gula, garam dan minyak atau lemak, misalnya dengan dipanggang atau dikukus.
  3. 3. Menu diet sehat seminggu harus mencakup makan malam dalam porsi kecil, bukan malah porsi besar seperti yang mungkin kerap anda lakukan (apalagi jika makan di restoran). Hal ini karena makan malam menyumbang kalori untuk kegiatan yang biasanya hanya sedikit. Kurangi sumber pati dan konsumsilah banyak serat, vitamin serta mineral seperti variasi hidangan sayur dan buah. Tumisan, sup, salad dengan taburan ayam atau tuna dan salad buah dengan yogurt dingin cocok untuk makan malam yang berkesan. Jika ingin mengonsumsi pati, makanlah yang berupa karbohidrat kompleks dan juga menyumbang serat seperti nasi merah dan pasta gandum utuh.
  4. 4. Untuk makanan selingan, rencanakan untuk dua kali makan yaitu di pagi hari (antara makan pagi dan siang) serta sore (beberapa jam setelah makan siang); hal ini merupakan cara diet efektif karena anda jadi tidak makan berlebihan. Untuk selingan, hilangkan sumber trans fat, kalori kosong dan gula berlebih. Makanlah kue gandum, pepaya dengan jeruk nipis, kraker tawar dengan keju, yogurt, atau membuat smoothie buah.
Agar menu diet sehat seminggu ini bisa membawa hasil yang lebih maksimal, pastikan anda menggabungkannya dengan olahraga. Komunikasikan juga rencana menu diet sehat seminggu ini dengan keluarga atau teman serumah agar anda bisa mendapat dukungan dan syukur-syukur bisa mengajak keluarga ke gaya makan sehat

No comments:

Post a Comment